Kamis, 11 Agustus 2016

Perpustakaan Digital iJakarta


foto : Istimewa

            Selamat datang di blogku para pembaca yang cerdas. Perkenalkan namaku Ikhsan Hanggowo Jatmiko. Aku bersekolah di SMAN 25 Jakarta Pusat yang beralamat di jalan A.M.Sangaji no 22-24. Saat ini aku duduk di kelas XI IPS 2. Aku membuat tulisan ini untuk lomba membuat konten blog dalam rangka HANJABA (Hari Anak Jakarta Membaca) yang diselenggarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Administrasi Jakarta Pusat. Dalam tulisan ini aku akan memberitahu informasi penting. Penting banget ya ? Yang pasti penting banget. Kalo kamu mau tahu informasi penting apa itu, mari membaca tulisanku ini. Sebelum membaca, sediakan makanan ringan supaya tidak bosan dan ngantuk. Sambil dengerin musik juga boleh kok.
            Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak teknologi yang memudahkan manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi yang semakin berkembang, membuat banyak hal bisa dilakukan dengan sangat mudah. Setiap daerah di Indonesia berhak mengembangkan daerahnya, termasuk DKI Jakarta. Dengan teknologi yang semakin berkembang ini, pemerintah DKI Jakarta ingin melakukan inovasi. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca di DKI Jakarta.
            Membaca merupakan hal yang sangat mudah.Namun, sebagian masyarakat tidak senang membaca. Jika tidak senang membaca, maka pengetahuanpun akan sedikit. Banyak sekali yang bisa kita peroleh dari membaca. Beberapa manfaat membaca yaitu menambah ilmu pengetahuan, menambah pengalaman tanpa harus datang ke suatu tempat dan lain-lain.
            Di DKI Jakarta, telah banyak sarana dan prasarana dalam membantu masyarakat untuk membaca. Perpustakaan merupakan tempat yang berfungsi untuk membaca dan meminjam buku. Jakarta memiliki gedung perpustakaan di setiap wilayahnya. Meskipun terdapat perpustakaan yang memadai, hal ini tidak menyebabkan masyarakat DKI menjadi gemar membaca.
            Karena ingin meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan suatu aplikasi. Aplikasi apakah itu ? mungkin beberapa dari kamu belum tahu atau sudah tahu tapi diam-diam saja ? . Baiklah, aku kasih tahu infonya. Pada tahun 2016 ini, Badan Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (BPAD DKI) meresmikan aplikasi perpustakaan digital (iJakarta). Biar lebih mudah kita sebut iJakarta saja.
            Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu apa itu iJakarta. Tetapi aku ingin menjelaskan lebih dalam lagi tentang iJakarta. iJakarta merupakan sebuah inovasi dalam bentuk aplikasi perpustakaan elektronik  (ePustaka) yang memuat berbagai macam buku untuk dibaca dan dipinjam. Aplikasi iJakarta dibuat oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (BPAD DKI) yang bekerja sama dengan PT. Woolu Akasara Maya (Aksaramaya) sebagai pihak pengembang aplikasi. Di dalam iJakarta terdapat eReader yg berfungsi untuk membaca berbagai macam buku di eBook. E-Book merupakan kumpulan buku-buku elektronik yang bisa kamu baca dan pinjam.
Aplikasi iJakarta didukung oleh eReader. Fungsi lain eReader yaitu :
1.      Untuk mengubah warna latar belakang halaman eBook. Jadi kamu tidak akan bosan dengan warna latar belakang halaman eBook karena kamu bisa mengubahnya.
2.      Melihat daftar isi.
3.      Bagi kamu yang penglihatannya kurang baik, kamu bisa memperbesar ukuran huruf dan mengatur pencahayaan sesuai yang kamu inginkan. Jika kamu tidak suka dengan jenis atau tipe huruf, kamu bisa mengubahnya.
4.      Kamu bisa memberi tanda batas halaman yang kamu selesai baca jika ingin melanjutkannya di lain waktu.
5.      Merekomendasikan eBook yang kamu baca ke pengguna lain serta mengopi beberapa kata yang menurut kamu bagus ke social media.
6.      Membuat catatan tentang eBook yang kamu baca.
Aplikasi iJakarta ini dibuat untuk memudahkan masyarakat membaca buku dimanapun dan kapanpun. Dengan adanya iJakarta ini, kamu tidak perlu datang ke perpustakaan untuk meminjam buku dan membaca buku karena dengan aplikasi iJkarta, kamu bisa meminjam buku dan membaca buku secara online. Bagaimana jika kamu tidak memiliki akses internet? Tenang saja kawan, kamu bisa membaca secara offline. Ini merupakan salah satu kelebihan dari iJakarta. Sebelum mebaca offline, kamu harus mendownload buku yang akan kamu pinjam.
            Aplikasi ini bisa kamu dapatkan dengan sangat mudah. Caranya kamu harus memiliki telepon genggam android dengan RAM minimal 1 GB atau komputer serta laptop. Setelah itu, kamu bisa mengunduhnya di Play Store untuk android, App Store untuk iPhone dan membuka situs iJakarta di www.ijakarta.go.id untuk komputer atau laptop. Terdapat tampilan dan sensasi yang berbeda antara membaca menggunakan media telepon genggam dan komputer atau laptop.
            Jika kamu sudah selesai mengunduh, kamu bisa membuat akun iJakarta dan setelah itu kamu bisa masuk untuk meminjam eBook dengan memasukkan e-mail dan sandi kamu. Waktu yang diperlukan untuk membuat akun hanya 60 detik. Mudah dan cepatkan kawan-kawan?. Untuk biaya, aplikasi iJakarta ini tidak dipungut biaya sedikitpun atau gratis. Sudah gratis, mudah juga cara mendapatkannya. Kurang apa lagi coba ?
            Di dalam iJakarta, terdapat banyak sekali pilihan bukunya. Jangan terkejut ya jika aku beritahu jumlahnya. Jumlah buku di iJakarta ada sekitar 3000 buku. Banyak sekali bukan?. Dari 3000 buku itu, ada banyak sekali macamnya. Kamu bisa memilih buku sesuai jenis yang kamu inginkan. Mulai dari agama,cerpen,majalah,fiksi,pendidikan,olahraga,kuliner,ekonomi dan sebagainya ada di iJakarta. Lengkap bangetkan bukunya?
            Waktu untuk meminjam eBook di aplikasi iJakarta selama 7 hari. Jika eBook yang kamu ingin pinjam sudah habis terpinjam, kamu akan masuk ke dalam daftar antrian. Kamu akan mendapatkan buku yang kamu inginkan setelah ada pengguna lain yang telah habis waktu pinjamnya.
            Selain buku, iJakarta juga bisa membantu kamu untuk berinteraksi dengan pembaca lainnya dengan cara mengikuti/follow profilnya. Kamu bisa mencari pembaca lain dengan mengetik usernamenya. Jika kamu ingin mengirim pesan dengan pembaca lain, kamu bisa memanfaatkan fitur inbox yang tersedia.
            Sebelum mengakhiri tulisan ini, aku ingin berbagi pengalamanku menggunakan iJakarta. Pertama tahu iJakarta itu dari guru bahasa Indonesiaku yaitu ibu Ellya. Tetapi aku belum langsung mengunduhnhya. Semenjak ada info lomba menulis konten blog tentang iJakarta, aku langsung mengunduhnya. Setelah mengunduh, aku membuat akun iJakarta dan bergabung dengan ePustaka untuk meminjam buku. Setelah itu, aku mencoba mencari buku. Aku suka buku tentang keagamaan. Setelah menemukan buku itu, aku meminjam dan membacanya. Ternyata sangat mudah sekali untuk meminjam buku di iJakarta. Tidak sampai 10 menit, buku berhasil dipinjam dan aku bisa membacanya kapan saja dan dimana saja.
            Sekarang pastinya kamu sudah tahu apa itu iJakarta. Ayo unduh iJakarta segera supaya kamu tidak ketinggalan zaman dan ilmu kamu bisa bertambah banyak dengan membaca. Mari kita mencerdaskan diri dengan membaca melalui aplikasi iJakarta. Sekian yang bisa aku infokan ke kamu, semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan kata. Tunggu tulisanku berikutnya kawan!.

14 komentar:

  1. yey bagus syekaali asyique ��

    BalasHapus
  2. terimakasih infonya :)
    jadi tahu iJakarta

    BalasHapus
  3. Terimaksih atas infonya sangat bermanfaat 🖒🖒🖒

    BalasHapus
  4. Bagus sangat info nya dan sangat bermanfaat bagi semua orang terutama yang baca ya.

    BalasHapus
  5. Good job ikhsan...sangat informatif

    BalasHapus
  6. Penyampaian yang baik dan sangat informatif!

    BalasHapus
  7. Informasinya sangat bermanfaat dan bagus

    BalasHapus
  8. Nice ikhsan Sangat membantu , jadi pengen ke jakarta

    BalasHapus
  9. Wowww bingits...makasih buat infonya kebetulan aku suka baca..gampang,simple,dan dimanapun kita bisa baca.thanks a lot........topppp banget deh buat penulis nya meski masih remaja.salut aku aja malah gaptek... hihihi

    BalasHapus
  10. Wowww ini mengejutkan sebagai org yg hobby nya baca aku sampe nggak tau...tulisan ini sungguh mengagumkan dan bermanfaat.gampang dan dimanapun bisa baca.g perlu datang langsung ke perpustakaan.thanks a lot ya ikhsan.

    BalasHapus