Senin, 29 Agustus 2016

Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar dan Upaya Pelestariannya


Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Lingkungan Sekitar
dan
Upaya Pelestariannya


            Saya telah melakukan pengamatan sumber daya alam di lingkungan sekitar saya. Salah satu sumber daya alam yang dimanfaatkan di lingkungan sekitar saya adalah air. Air merupakan senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan di bumi, tetapi tidak di planet lain.
            Di lingkungan saya, setiap hari masyarakatnya selalu menggunakan air. Jika tidak ada air, maka aktifitas akan terganggu. Air dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kebutuhan itu berupa untuk mandi,mencuci,makan,minum,memasak,wudhu,menyiram tanaman,member makan peliharaan dan kesehatan.
            Masyarakat di lingkungan saya biasa memanfaatkan air yang bersumber dari tanah maupun air dari PAM. Namun, keadaan air tanah di lingkungan saya kurang baik karena sudah tercemar. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang menggunakan air PAM. Wakaupun harus mengeluarkan biaya lebih, itu tidak menjadi masalah karena air yang didapatkan cukup bersih dan mudah diperoleh.
            Meski telah membayar, kita juga harus menjaga kelestarian air supaya tidak terjadi kekeringan dan krisis air bersih. Caranya yaitu dengan menjaga lingkungan agar air tidak tercemar, menggunakan air seperlunya saja agar tidak terjadi pemborosan, membuang bahan kimia dengan benar dan mengadakan penyuluhan tentang air bersih.
            Sumber daya alam yang kita miliki harus dijaga kelestariannya agar tidak habis. Mulailah dari diri kita sendiri untuk selalu menggunakan sumber daya alam secara bijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar